Skip to main content

Tentang dan definisi komputer

Tentang dan definisi komputer




Komputer adalah mesin yang dapat diprogram. Dua karakteristik utama komputer adalah: Komputer merespons serangkaian instruksi spesifik dengan cara yang terdefinisi dengan baik dan dapat menjalankan daftar instruksi yang direkam sebelumnya (sebuah program ).

Komputer Modern Didefinisikan

Komputer modern adalah elektronik dan digital . Mesin yang sebenarnya - kabel, transistor , dan sirkuit - disebut perangkat keras ; instruksi dan data disebut perangkat lunak .

Semua komputer untuk keperluan umum membutuhkan komponen perangkat keras berikut:


  1. Memori : Perangkat komputer untuk menyimpan , setidaknya untuk sementara, data dan program.
  2. Perangkat penyimpanan massal : memungkinkan komputer menyimpan data dalam jumlah besar secara permanen. Perangkat penyimpanan massal yang umum termasuk solid state drive (SSD) atau disk drive dan tape drive .
  3. Perangkat input : biasanya keyboard dan mouse , perangkat input adalah saluran melalui mana data dan instruksi masuk ke komputer.
  4. Perangkat keluaran : layar tampilan , printer , atau perangkat lain yang memungkinkan Anda melihat apa yang telah dicapai komputer.
  5. Central processing unit (CPU): jantung komputer, ini adalah komponen yang benar-benar menjalankan instruksi.
  6. Selain komponen-komponen ini, banyak komponen lainnya memungkinkan komponen dasar untuk bekerja bersama secara efisien. Misalnya, setiap komputer memerlukan bus yang mentransmisikan data dari satu bagian komputer ke yang lain.


Klasifikasi Komputer: Berdasarkan Ukuran dan Kekuatan

Kebanyakan orang mengaitkan komputer pribadi (PC) dengan komputer frase. PC adalah komputer kecil dan relatif murah yang dirancang untuk penggunaan individu. PC didasarkan pada teknologi mikroprosesor yang memungkinkan produsen untuk menempatkan seluruh CPU pada satu chip.

Komputer pribadi di rumah dapat digunakan untuk sejumlah aplikasi yang berbeda termasuk permainan, pengolah kata, akuntansi dan tugas-tugas lainnya.

Komputer umumnya diklasifikasikan berdasarkan ukuran dan kekuatan sebagai berikut, meskipun ada banyak tumpang tindih. Perbedaan antara klasifikasi komputer umumnya semakin kecil seiring kemajuan teknologi, menciptakan komponen yang lebih kecil dan lebih kuat serta ramah biaya.


  • Komputer pribadi : komputer kecil dengan satu pengguna yang didasarkan pada mikroprosesor. Selain mikroprosesor, komputer pribadi memiliki keyboard untuk memasukkan data, monitor untuk menampilkan informasi, dan perangkat penyimpanan untuk menyimpan data.
  • Workstation : komputer pengguna tunggal yang kuat. Workstation seperti komputer pribadi, tetapi memiliki mikroprosesor yang lebih kuat dan monitor berkualitas lebih tinggi.
  • Komputer mini : komputer multi-pengguna yang mampu mendukung dari 10 hingga ratusan pengguna secara bersamaan.
  • Mainframe : komputer multi-pengguna yang kuat yang mampu mendukung ratusan atau ribuan pengguna secara bersamaan.
  • Superkomputer : komputer yang sangat cepat yang dapat melakukan ratusan juta instruksi per detik

Di zaman seprti ini perangkat komputer sangat dibutuhkan di segala bidang, dikantor, sekolah, dan instansi lainnya.

Seperti iulah tentang dan definisi komputer  yang bisa saya sampaikan, sebenarnya banyak yang mencakup tentang komputer menurut versi masing-masing.

Terimakasih, semoga bermanfaat.


Comments